Setiap kali kita membuat program akan selalu diperhadapkan dengan tipe data. Tipe data ini memegang peranan penting saat kita akan memproses data tersebut. Karena kita tidak bisa memproses data tersebut jika tidak mengetahui tipe data dari nilai atau variabel yang akan diproses. Melalui tulisan ini penulis akan memperkenalkan beberapa tipe data yang umum dipakai dan contoh penggunaannya.
Seperti kita ketahui di Delphi penggunaan tipe data sangat ketat, contoh suatu variabel bertipe string akan kita isi dengan variabel lain dengan tipe data integer, maka sistem akan menolaknya. Kasus ini akan serupa jika kebalikannya. Untuk dapat mengisikan nilai ke variabel lain yang berbeda nilainya diperlukan konversi tipe data.
BERLATIH TIPE DATA DI DELPHI
Setiap data yang disimpan di memori komputer harus memiliki tipe data. Tipe data yang sederhana
sekali adalah dikelompokkan menjadi 2 bagian :
1. Teks :
a. Char (terdiri dari 1 huruf / 1 angka)
b. String (terdiri dari beberapa huruf/ angka)
2. Bilangan :
a. Integer (bilangan bulat )
b. Real (bilangan pecahan)
Di Delphi ada beberapa tipe data varian dari kedua tipe data tersebut, yang membedakan adalah range
(rentang nilainya). Lihat lampiran tipe data lebih lengkap.
1.1. Berlatih Tipe Data Integer dan String
Dengan memahami seperti ini kita akan coba membuat sebuah program (projek) untuk menghitung Volume dan Luas Permukaan Balok, rumusnya sbb :
Volume := P * L * T
Luas := (2 * P * L) + (2 * P * T) + (2 * L * T)
Berikut desain form di Delphi :

Tempatkan komponen-komponen berikut pada form kemudian ubah nilai properties-nya :
1. Label1 :
- Caption : Menghitung Volume & Luas Permukaan Balok
- Font.Style : Bold
- Font.Size : 16
2. Label2
- Caption : Panjang
3. Label3
- Caption : Lebar
4. Label4
- Caption : Tinggi
5. Label5
- Caption : Volume
6. Label6
- Caption : Luas Permukaan
7. Edit1.Text, Edit2.Text, sampai dengan Edit5.Text diisi dengan nilai 0
8. Button1:
- Caption : Hitung
- Event Onclick sebagai berikut :'

9. Image1 : untuk menampilkan gambar bertipe BMP atau JPEG (optional)
- Picture : Balok.bmp (sebelumnya sudah dibuat menggunakan Program PAINT)
Hasil Running : (Isikan nilai panjang=10, Lebar=15, Tinggi=12)

1.2. Berlatih Tipe Data Real dan String
Kita akan berlatih dengan tipe data lainnya dengan membuat sebuah program (projek) untuk menghitung Volume dan Luas Permukaan Bola, rumusnya sbb :
Volume := 4/3 * 3.14 * R * R * R
Luas := 4 * 3.14 * R * R
Berikut desain form di Delphi :

Tempatkan komponen-komponen berikut pada form kemudian ubah nilai properties-nya :
1. Label1 :
- Caption : Menghitung Volume & Luas Permukaan Bola
- Font.Style : Bold
- Font.Size : 16
- Wrap : True
2. Label2
- Caption : Jari-jari
3. Label3
- Caption : Volume
4. Label4
- Caption : Luas
5. Edit1.Text, Edit2.Text, Edit3.Text diisi dengan nilai 0
6. Button1:
- Caption : Hitung
- Event Onclick sebagai berikut :

HASIL RUNNING :

Selamat mencoba..............
Sumber : www.ilmulomputer.com
BERLATIH TIPE DATA DI DELPHI
Setiap data yang disimpan di memori komputer harus memiliki tipe data. Tipe data yang sederhana
sekali adalah dikelompokkan menjadi 2 bagian :
1. Teks :
a. Char (terdiri dari 1 huruf / 1 angka)
b. String (terdiri dari beberapa huruf/ angka)
2. Bilangan :
a. Integer (bilangan bulat )
b. Real (bilangan pecahan)
Di Delphi ada beberapa tipe data varian dari kedua tipe data tersebut, yang membedakan adalah range
(rentang nilainya). Lihat lampiran tipe data lebih lengkap.
1.1. Berlatih Tipe Data Integer dan String
Dengan memahami seperti ini kita akan coba membuat sebuah program (projek) untuk menghitung Volume dan Luas Permukaan Balok, rumusnya sbb :
Volume := P * L * T
Luas := (2 * P * L) + (2 * P * T) + (2 * L * T)
Berikut desain form di Delphi :

Tempatkan komponen-komponen berikut pada form kemudian ubah nilai properties-nya :
1. Label1 :
- Caption : Menghitung Volume & Luas Permukaan Balok
- Font.Style : Bold
- Font.Size : 16
2. Label2
- Caption : Panjang
3. Label3
- Caption : Lebar
4. Label4
- Caption : Tinggi
5. Label5
- Caption : Volume
6. Label6
- Caption : Luas Permukaan
7. Edit1.Text, Edit2.Text, sampai dengan Edit5.Text diisi dengan nilai 0
8. Button1:
- Caption : Hitung
- Event Onclick sebagai berikut :'

9. Image1 : untuk menampilkan gambar bertipe BMP atau JPEG (optional)
- Picture : Balok.bmp (sebelumnya sudah dibuat menggunakan Program PAINT)
Hasil Running : (Isikan nilai panjang=10, Lebar=15, Tinggi=12)

1.2. Berlatih Tipe Data Real dan String
Kita akan berlatih dengan tipe data lainnya dengan membuat sebuah program (projek) untuk menghitung Volume dan Luas Permukaan Bola, rumusnya sbb :
Volume := 4/3 * 3.14 * R * R * R
Luas := 4 * 3.14 * R * R
Berikut desain form di Delphi :

Tempatkan komponen-komponen berikut pada form kemudian ubah nilai properties-nya :
1. Label1 :
- Caption : Menghitung Volume & Luas Permukaan Bola
- Font.Style : Bold
- Font.Size : 16
- Wrap : True
2. Label2
- Caption : Jari-jari
3. Label3
- Caption : Volume
4. Label4
- Caption : Luas
5. Edit1.Text, Edit2.Text, Edit3.Text diisi dengan nilai 0
6. Button1:
- Caption : Hitung
- Event Onclick sebagai berikut :

HASIL RUNNING :

Selamat mencoba..............
Sumber : www.ilmulomputer.com

No comments:
Post a Comment